Tips Murah Membuat Aquarium

Aquarium adalah hobi yang mengasikan dan tentunya bagi yang punya anak kecil bisa melatih rasa empati anak terhadap makhluk hidup lain.

Selain itu denger denger memelihara aquarium dapat melatih emosi dan otak kanan anak, jadi kemarin baru saja ngrakit sendiri aquarium mini dengan dimensi 60x 60x 60 cm.
Aquarium ngerakit sendiri

Kenapa ngrakit sendiri? tentulah biar lebih hemat.

Awalnya saya langsung meluncur ke toko penjual aquarium, disana banyak aquarium yang sudah berisi ikan dan ornamen ornamennya seperti batu karang dan tumbuhan air. Ada aquariium sederhana yang sudah lengkap, iseng saya tanya ke penjualnya, harganya berapa mas aquarium ini (satu set beserta isinya)?

jawab yang jual : saju juta mas..

Dalam batinku oh my god mahal amat yak..

lalu aku tanya kalau beli kacanya aja yang dimensi 60x60x60 cm harganya berapa? katanya Rp 50.000

trus harga filter airnya berapa? Filter air fungsinya meyedot air lalu air disaring dan dikembalikan ke aquarium. Harga filter air ada yang 50.000 dan ada yangg 70.000.

Lalu aku tanya lagi harga ikan mas koi satunya berapa? Yang kecil 5000 yang agak besar 20.000.

Kenapa aku pilih ikan  mas koi karena buat pemilik aquarium pemula ikan ini yang paling gampang perawatannya. Makanan ikan mas koi pun gak pilih-pilih. Bisa sisa nasi dan sayuran yang kita makan.

Akhirnya demi anak aku beli deh peralatan membuat aquarium dari kotak kaca 60x60 seharga 50.000, lalu filter nya 50.000 trus ikannya 30.000, total semuanya Rp130.000. Yah lumayan terjangkau di kantong ku. hehe

sekian pengalaman merakit sendiri aquarium sederhana murah meriah.

ini dia penampakan aquarium kecil kami:






Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Tips Murah Membuat Aquarium"

Post a Comment

Iklan Google

Entri Populer

Berbagi Ke Lainnya