Tips Tabung LPG Susah Dipasang

Peralatan Kompor Gas anda susah dipasangi tabung LPG? Bisa jadi memang regulator selang LPG yang tidak pas ukurannya dengan ukuran standard namun bisa juga karena karet di tabung yang tidak sesuai ukurannya.
Tabung gas LPG 3 KG

KELEMAHAN TABUNG GAS LPG 3 KG.
Dibandingkan dengan tabung gas 12kg, tabung gas LPG 3 kg memiliki kelemahan yang sangat mencolok. Dari pengalaman, penulis sering menemui jarum pada tabung gas tidak mau kembali ke posisi semula ketika regulator dilepas. Sehingga gas bocor karena jarum tidak menutup tabung gas kembali. Hal ini tidak pernah penulis temui selama penggunaan tabung gas 12 kg (penulis telah lebih dari 14 tahun menggunakan gas LPG 12 kg).

LANGKAH YANG PERLU DILAKUKAN ADALAH: segera bawa gas keluar ruangan. Hindarkan dari api. Ambil pengungkit, lalu cungkil jarum gas ke atas. Untuk menghindari hal seperti itu hendaknya tidak melepas regulator sebelum gasnya habis. Atau sebaiknya ditukar kembali kepada pedagangnya.
KARET YANG LEMAH 
Selain kelemahan diatas. Hal umum yang sering terjadi adalah kebocoran yang diakibatkan oleh karet pada tabung. Karet yang berfungsi sebagai penahan gas agar tidak bocor ketika regulator dipasang ternyata sangat lemah. Hampir setiap pembelian gas, karet ini selalu rusak. Sehingga ketika regulator dipasang maka gas akan bocor keluar dengan ditandai suara mendesis, bisa lemah, sedang, keras, tergantung tingkat kerusakan karet. Hal ini umum juga terjadi pada tabung gas 12 kg dan 3 kg.

UNTUK ITU TIPS YANG PALING AMAN sebagaimana penulis lakukan selama menggunakan tabung gas LPG, tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli alat tambahan yang lain. adalah sebagai berikut:


Keluarkan Karet yang ada pada tabung gas menggunakan alat apa saja. Paku, Lidi, dll. Gunting atau sesuaikan ukurannya agar pas. 

Catatan Penting:

Setiap kali tabung LPG anda habis, jangan lupa anda congkel karetnya dan anda simpan buat persediaan. Suatu waktu anda membeli tabung yang karetnya tidak pas atau susah dipasang anda bisa mengganti karetnya dengan karet tabung lama.

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Tips Tabung LPG Susah Dipasang"

Post a Comment

Iklan Google

Entri Populer

Berbagi Ke Lainnya